Cara Membuat File Dispute di akun Paypal

Selamat Siang teman-teman, mohon maaf karena sudah lama tidak mengupdate postingan lagi, kali saya akan sharing informasi mengenai cara membuat File dispute (Menyelesaikan Perselisihan) dengan Pihak lain. File dispute adalah sebuah motode untuk menyelesaikan permasalahan antara Pembeli dan Penjual. Perselisihan dialami antara pihak yang melakukan transaksi, dimana Paypal adalah sebagai pihak penengah. 

Sering kali terjadi penipuan di dunia maya yang pastinya merugikan anda sebagai pihak pembeli/penjual. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk Membuat File Dispute :


Langkah 1 :
Login Ke Akun Paypal Anda, Arahkan Mouse ke Kolom Tab Lainnya, dan Klik Buka Pusat Penyelesaian :


Langkah 2 :
Anda Akan diarahkan Ke Pusat penyelesaian, Pilih Tab Laporkan Masalah, Dan Klik laporkan Masalah :


Langkah 3 :
Pilih transaksi yang anda ingin buat file disputenya, Perhatikan Nomor transaksi dan jumlah uang yang telah dibayarkan, Kemudian klik tombol Lanjut.






Langkah 4 :
Pada menu laporkan masalah 



Pilih jenis masalah yang ingin diselesaikan. Pilih "SENGKETA BARANG" jika anda tidak menerima barang/service, barang/service tidak sesuai.

Pilih "Transaksi Tanpa Otorasi" jika anda merasa akun paypal anda digunakan oleh orang lain untuk melakukan transaksi.

Jika sudah selesai, pilih "Lanjutkan"

Langkah 5 :
Kemudian anda akan di arahkan ke halaman tinjauan seperti gambar dibawah:


Pada gambar diatas Penjual mencatumkan catatan kepada pembeli. Catatan biasanya berisikan kontak penjual yang dapat dihubungi ketika pembeli merasa tidak puas dengan barang/servis yang dijual.

Kemudian masukan alasan anda membuka sengketa, dan pilih lanjutkan. 


Langkah 6 :


Selanjutnya masukan informasi tambahan, terkait "Kategori pembelian" dan pesan yang ingin disampaikan kepada penjual. kemudian pilih "Lanjutkan"

Langkah 7 :

Selamat, kasus sengketa yang anda ajukan sudah di dokumentasi oleh Paypal. Selanjutnya tinggal menunggu balasan/tanggapan dari penjual dalam waktu yang ditentukan oleh paypal. Paypal selalu bertindak sebagai pihak penengah dalam setiap sengketa.

NOTE :
1. Transaksi yang bisa di ajukan sengketa harus dalam rentang waktu Buyer Protection (180 Hari) sejak pembayaran dilakukan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat File Dispute di akun Paypal"

Post a Comment